Senin, 26 Agustus 2013

Kegunaan mineral Fosfat


Mineral golongan fosfat merupakan sekelompok mineral yang memiliki anion PO4 dan biasanya berkaitan dengan kation logam. Mineral fosfat banyak dijumpai di alam, namun hanya beberapa saja. Mineral yang termasuk dalam kelompok fosfat adalah xenotime. Xenotime memiliki beberapa kegunaan diantaranya, mampu menghasilkan neomagnet, yaitu magnet yang memiliki medan magnet yang lebih baik dari pada magnet biasa. Sehingga memungkinkan munculnya perkembangan teknologi berupa penurunan berat dan volume speaker yang ada, juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan material berupa kekuatan, kekerasan dan peningkatan ketahanan terhadap panas. Contohnya pada penambahan logam tanah jarang dalam bentuk additif atau alloy pada paduan magnesiaum dan alumunium, maka kekuatan dan kekerasan paduan tersebut akan meningkat dengan signifikan.

Mineral lain yang teramasuk kedalam kelompok ini adalah monasit. Kegunaan dari monasit sendiri adalah  sebagai sumber utama untuk menghasilkan thorium, cerium, dan elemen langka lainnya. Sebagai bijih logam tanah jarang khususnya thorium, cerium dan Lantanum. Unsur –unsur yang menghadilkan radioaktif. Karena kadar uranium 48,27% adalah radioaktif dan juga digunakan sebagai bijih uranium.

Turquoise juga termasuk kedalam kelompok fosfat. Turquoise dihargai sebagai permata dan batu hias selama ribuan tahun karena warna yang unik. Pada kali terakhir, pirus, seperti permata yang paling buram lainnya, telah mendevaluasi oleh pengenalan perawatan, imitasi, dan sintetik ke pasar. Mineral apatite adalah salah satu dari beberapa mineral yang diproduksi dan digunakan oleh sistem mikro-lingkungan biologis. merupakan komponen utama email gigi dan mineral tulang.

0 komentar:

Poskan Komentar