Senin, 26 Agustus 2013

Jenis Lava


Pillow Lava

Lava bantal adalah struktur lava biasanya terbentuk ketika lava muncul dari ventilasi vulkanik bawah laut atau gunung berapi subglacial atau aliran lava masuk laut. Namun, lava bantal juga dapat terbentuk ketika lava yang meletus di bawah es glasial tebal. Lava kental menghasilkan kerak yang solid pada kontak dengan air, dan kerak ini retak dan merembes gumpalan besar tambahan atau "bantal" sebagai lava lebih muncul dari aliran maju. Karena air meliputi sebagian besar permukaan bumi dan gunung berapi sebagian besar terletak di dekat atau di bawah badan air, lava bantal sangat umum.

Pahoehoe  Lava

Pahoehoe adalah lava basaltik yang memiliki permukaan halus, menggelembung, bergelombang, atau berurat. Fitur permukaan ini karena pergerakan lava yang sangat cair di bawah permukaan membekunya kerak.
Aliran pahoehoe biasanya awal sebagai rangkaian lobus kecil dan jari kaki yang terus-menerus keluar dari kerak dan  didinginkan. Hal ini juga membentuk tabung lava di mana hilangnya panas minimal mempertahankan viskositas rendah. Tekstur permukaan arus pahoehoe bervariasi, menampilkan segala macam bentuk aneh sering disebut sebagai patung lava. Dengan peningkatan jarak dari sumber, arus pahoehoe dapat berubah menjadi aa arus dalam menanggapi panas kerugian dan akibat peningkatan dalam viskositas. Pahoehoe lava biasanya memiliki suhu 1100 - 1200 ° C.

Aa Lava

Aa "lava kasar berbatu", tetapi juga untuk "membakar" atau.. "api" adalah salah satu dari tiga jenis dasar dari aliran lava. AA adalah lava basaltik ditandai dengan permukaan yang kasar atau rubbly terdiri dari blok lava rusak disebut klinker.
Longgar, rusak, dan tajam, permukaan berduri dari aliran Aa membuat sulit dan lambat untuk mendaki. Permukaan clinkery sebenarnya mencakup inti padat besar, yang merupakan bagian paling aktif dari aliran. Seperti lava pucat dalam inti perjalanan menuruni lereng, para klinker  terbawa di permukaan. Di ujung depan dari aliran Aa, fragmen ini didinginkan  di bagian depan dan terkubur atau tertimpa oleh aliran maju. Ini menghasilkan lapisan fragmen lava baik di bagian bawah dan atas arus Aa. Bola lava akresi seluas 3 meter (10 kaki) yang umum pada arus Aa. Aa biasanya viskositas lebih tinggi dari pahoehoe. Pahoehoe bisa berubah menjadi AA jika menjadi turbulen dari pertemuan hambatan atau lereng curam. Aa lava biasanya meletus pada suhu 1000-1100 ° C. Tekstur  tajam dan menyudut membuat aa reflektor radar yang kuat, dan dengan mudah dapat dilihat dari satelit yang mengorbit (terang pada gambar Magellan).

Lava Domes dan coulées

Lava Domes dan coulées berhubungan dengan aliran lava felsic mulai dari dasit hingga riolit. Sifat sangat kental lava ini menyebabkan mereka tidak mengalir jauh dari lubang, menyebabkan lava untuk membentuk kubah lava di ventilasi. Ketika kubah terbentuk pada permukaan miring yang dapat mengalir dalam arus pendek tebal disebut coulées (kubah aliran). Arus ini sering hanya melakukan perjalanan beberapa kilometer dari ventilasi.



0 komentar:

Poskan Komentar