Senin, 26 Agustus 2013

Kegunaan mineral Sulfat


Mineral sulfat adalah salah satu dari grup mineral yang memiliki cirri khas memiliki komposisi kimia kerkation sulfur yang berkaitan dengan 4 anion oksigen membentuk (SO4)2- yang berkombinasi dengan logam atau semi-logammembentuk mineral sulfat. Sulfat adalah salah satu kelompok mineral yang langka didalamnya terdapat lebih dari 200 jenis. Salah satunya adalah barite. Barite digunakan untuk pengeboran sumur minyak. Aplikasi lain dari barite meliputi pengisian dalam cat dan plastic, pengurangan suara di kompartemen mesin, radiasi perisai semen, keramik dan kaca.

Gypsum adalah juga termasuk dalam kelompok mineral sulfat. Mineral gypsum memiliki beberapa kegunaan diantaranya adalah sebagai bahan perakat, penyaring dan sebagai pupuk tanah, campuran bahan pembuatan lapangan tenis, sebagai pengganti kayu  pada zaman kerajaan-kerajaan, sebagai pengental tofu karena memiliki kadar kalsium yang tinggi, sebagai penambah kekerasan untuk bahan bangunan, untuk bahan baku kapur tulis, sebagai salah satu bahan pembuat portland semen, sebagai indikator pada tanah dan air, sebagai agen medis pada ramuan tradisional China yang disebut Shi Gao.


Mineral lain yang termasuk dalam kelompok mineral sulfat adalah polyhalite. Polyhalite digunakan sebagai pupuk khusus karena mengandung empat nutrisi penting dan rendah klorin. . Mineral lain yang juga termasuk kedalm kelompok sulfat adalah celestite. Celestite digunakan sebagai alami untuk senyawa strontium lainnya, yang lebih berguna. Dalam industri waktunya akan diubah ke karbonat untuk digunakan sebagai prekursor keramik dan nitrat untuk digunakan dalam kembang api.

0 komentar:

Poskan Komentar