Kamis, 03 Januari 2013

Eksplorasi Bahan Tambang


Untuk mengeksplorasi bahan tambang yang berada dibawah permukaan tanah dapat dilakukan dengan beberapa metode berikut :
a.       Metode Seismik
Merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam hal eksplorasi. Metode ini terdiri dari :
1.      Metode seismik Refraksi
Yaitu untuk mengetahui informasi bawah tanah dengan menjalarkan gelombang seismik ke dalam tanah yang akan dibiaskan dalam tanah dan hasilnya akan diterima kembali pada permukaaan tanah.
2.      Metode seismik Refleksi
Digunakan untuk memetakan atau memotret struktur bawah tanah dengan cara menjalarkan gelombang seismik yang merupakan gelombang suara (sonic wave)  kedalam medium tanah kemudian dipantulkan kembali ke permukaan tanah. Untuk menggunakan metode ini, pemahaman terhadap gelombang sangat dipentingkan terutama gelombang mekanik, longitudinal dan transversal.

b.      Metode Gelostrik
Merupakan salah satu metode eksplorasi yang digunakan untuk memetekan informsi bawah tanah berdasarkn sifat-sifat kelistrikan, yaitu untuk menetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan bawah permukaan tanah, baik secara vertikal maupun horizontal.
Metode ini umumnya dilakukan di daratan, namun pada tahun 2010 telah dikembangkan dilautan yaitu Marine Geoelectric. Metdoe ini dilapangan dapat digunakan beberapa cara berikut :
1.      Metode Geolistrik Sounding
Digunakan untuk memetakan perlapisan tanah berdasarkan perubahan resistivitas secara vertikal dengan bantuan metode Schlumberger.
2.      Metode Geolistrik Mapping
Digunakan untuk memetakan informasi bawah tanah secara horizontal berdasarkan perubahan tahanan jenis dengan bantuan konfigurasi Wenner
3.      Metode Mise Ala Mase
Digunakan untuk memetakan urat-urat mineral logam.

c.       Metode Elektromagnet
Digunakan untuk mendapatkan informasi bawah permukaan tanah dengan menggunakan gelombang elektromagetik

0 komentar:

Posting Komentar