Kamis, 03 Januari 2013

Bukti Bumi Berotasi dan Pengaruhnya


Bukti bumi berputar pada sumbunya :
a.         Percobaan Benda ayun ( Ayunan Foucault )

Bola B pada gambar ….  Digantungkan pada P, dengan satu tali yang halus dan panjang. Misalkan titik Q adalah titik kutub utara Bumi, dan garis QP adalah garis panjang sumbu Bumi.
Bola B diayunkan sehingga bolak-balik pada suatu bidang tertentu P-R-S, dibawah misalkan suatu lingkaran ( R-V-S-U-R ).
Mula-mula proyeksi bola B ke Bumi adalah menuruti busur meridian Bumi R-Q-S, karena Bumi berputar, lingkaran R-V-S-U-R pun turut berputar juga.
Tetapi bidang ayunan P-R-S selalu tetap pada kedudukan semula ( karena bola B tergantung pada tali halus dan panjang, jadi putaranya tidak terasa ), sesudah 6 jam maka akan ternyata, bahwa proyeksi ayunan bola B menuruti busur meridian bumi U-Q-V dan sesudah 12 jam akan menuruti busur meridian S-Q-R, sesudah 18 jam menuruti busur meridian V-Q-U, dan sesudah 24 jam kembali lagi menuruti semula R-Q-S. Karena arah bidang ayunan itu tetap tidak berubah              ( menuju bintang  Spica ), dapatlah dipastikan, bahwa Bumi yang berputar pada sumbunya. Di kutub Utara putarannya 360° dalam waktu 24 jam.

b.         Angin pasat

Semula angin merupakan angin Utara dan angin Selatan menuju Equator, tetapi karena putaran Bumi pada sumbunya membiasla angin-angin tersebut, sehingga merupakan AnginTimur Laut dan Tenggara.


c.         Pepat bumi

Bumi pada kedua kutub dapat juga membuktikan, bahwa bumi berputar pada sumbunya, dahulu tatkala bumi masih lunak ( barang yang lunak bila diputar pada sumbunya tentu akan pepat  pada kedua ujungnya ).
Pengukuran menunjukkan  bahwa untuk memperoleh jarak 1º di dekat kutub lebih panjang dibanding dengan di Equator, berarti bahwa muka Bumi di Equator melengkung, di Kutub Utara dan Selatan Bumi seperti di pepat, hal ini karena Bumi berputar.  Jadi sumbu Bumi lebih pendek dari garis menengah  Equator.


Frekuensi rotasi bumi

            Bumi merupakan sebuah planet sama dengan planet lain, Bumi berputar (rotasi) pada porosnya (sumbunya) sesuai dengan putarannya berlawanan denganarah  beredarnya jarum  jam. Artinya satu kali putaran Bumi atau waktu edarnya memerlukan waktu 24 jam, tepatnya 23 jam, 56 menit, 48 detik, dan arah putaran nya dari barat ke Timur
Gerak rotasi Bumi sangat berpengaruh terhadap semua unsur  yang  terdapat di Bumi, dan melahirkan berbagai gejala.

Pengaruh akibat Rotasi Bumi :
                            1. Pergantian Siang dan malam                    
                            2. Perbedaanwaktu                                          
                            3. Perbedaanpercepatangravitasibumi             
                            4. Pembelokan arah angin
                            5. Pembelokan arus laut
                            6. Pergerakan semu harian benda benda langit

0 komentar:

Poskan Komentar