Jumat, 04 Januari 2013

Nama-nama Al-Qur’an



Allah SWT menamakan Al-Qur’an dengan beberapa nama, di antaranya :

Qur`an (yang dibaca)
Allah SWT berfirman,

إِنَّ هَذَا الْقُرْءَانَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ..

“Sesungguhnya al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus.”(QS. Al-Israa` (17) : 9)

•Kitab (buku atau yang ditulis)

Allah SWT berfirman

لَقَدْ أَنزَلْنَآ إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ أَفَلاَ تَعْقِلُونَ.

Sesungguhnya telah kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu.
Maka apakah kamu tiada memahaminya (QS. Al-Anbiyaa` (21) :10)

•Furqan (pembeda antara yang hak dan yang bathil)
Allah SWT berfirman,

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا.

Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (yaitu al-Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. (QS. Al-Furqan (25) :1)

•Dzikru (peringatan)
Allah SWT berfirman,

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ.

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. Al-Hijr (15) : 9)

•Tanzil (yang diturunkan)
Allah SWT berfirman,

وَإِنَّهُ لَتَنزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Dan sesungguhnya al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Rabb semesta alam. (QS. Asy-Syu’araa` (26) : 192)
Qur’an dan kitab adalah dua nama yang lebih terkenal dibandingkan dengan nama-nama yang lain. Dalam hal ini, Dr. Muhammad Abdullah Daraz berkata,”Ia dinamakan Qur`an karena dibaca, dan dinamakan Kitab; karena ditulis dengan pena. Kedua nama tersebut menunjukan makna yang semakna dengan kenyataannya.

Penamaan al-Qur’an dengan dua nama di atas memberikan isyarat, bahwa selayaknya ia dipelihara, dalam bentuk tulisan dan hafalan. Dengan demikian, ketika salah satunya ada yang keliru, maka yang lain akan meluruskannya.

Penjagaan ganda tersebut (tulisan dan hafalan) untuk mengikuti langkah-langkah Rasulullah SAW, sehingga al-Qur’an dapat terpelihara dengan kokoh, dan juga untuk membuktikan janji Allah yang menjamin akan terpeliharanya al-Qur’an, sebagaimana dalam firman-Nya,

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ.

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. Al-Hijr (15) : 9)

Disamping itu, penjagaan ganda ini untuk menjelaskan, bahwa kitab-kitab samawi lainnya diturunkan untuk waktu itu saja, sementara al-Qur’an diturunkan untuk semua waktu dan membetulkan kitab-kitab sebelumnya, sehingga al-Qur’an itu mencakup semua hakikat yang terdapat dalam kitab-kitab terdahulu, dengan tambahan-tambahan yang dikehendaki Allah SWT.

0 komentar:

Poskan Komentar